Welcome to my blog

Welcome to my blog, everybody !
wish you can get what you search .

Friday, March 14, 2014

Sustainability Program PT.TIMAH Tbk.

SUSTAINABILITY PROGRAM PT.TIMAH (PERSERO) Tbk.

A. Tentang Perusahaan

PT .Timah sebagai Perusahaan Perseroan didirikan tanggal 02 Agustus 1976, dan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang pertambangan timah dan telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1995. PT Timah merupakan produsen dan eksportir logam timah, dan memiliki segmen usaha penambangan timah terintegrasi mulai dari kegiatan eksplorasi, penambangan, pengolahan hingga pemasaran.
Ruang lingkup kegiatan Perusahaan meliputi juga bidang pertambangan, perindustrian, perdagangan, pengangkutan dan jasa. Kegiatan utama perusahaan adalah sebagai perusahaan induk yang melakukan kegiatan operasi penambangan timah dan melakukan jasa pemasaran kepada kelompok usaha mereka. Perusahaan memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak dibidang perbengkelan dan galangan kapal, jasa rekayasa teknik, penambangan timah, jasa konsultasi dan penelitian pertambangan serta penambangan non timah.
Perusahaan berdomisili di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung dan memiliki wilayah operasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara serta Cilegon, Banten.



B. Sustainability Program
Program Pengelolaan Lingkungan
Sebagai Perusahaan tambang timah kelas dunia, kami tidak saja dituntut untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi, tapi juga melaksanakan tanggung jawab pengelolaan lingkungan. Salah satu pijakan penting di Indonesia dalam upaya membangun kepedulian terhadap lingkungan adalah pemberlakuan ketentuan tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), sebagai syarat bagi para pelaku usaha dalam upaya menciptakan kegiatan ekonomi dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Para pelaku usaha dituntut untuk memenuhi ketentuan perundang-undangan dan standar dibidang lingkungan. Untuk memastikan pengelolaan lingkungan yang dijalankan benar-benar berlangsung efektif, kami menyadari perlunya tindakan pengawasan secara internal maupun pengawasan dengan melibatkan pihak independen, mengacu pada Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001, yang sejak tahun 1997 telah kami raih.
Kegiatan menambang berpotensi mengubah bentang alam dan mengganggu ekosistem. Oleh sebab itu, sejak kegiatan operasi penambangan direncanakan, kami memberikan perhatian khusus bagi perbaikan kembali kualitas lingkungan. Terutama pada masa pasca tambang sehingga kondisi lingkungan diupayakan bisa kembali seperti sedia kala. Kami juga secara tegas mengatur bahwa kegiatan penambangan hanya boleh dilakukan pada lokasi - lokasi yang merupakan kuasa pertambangan (KP) Perseroan dan di kawasan yang bukan termasuk hutan lindung.
Kami juga mengembangkan konsep hutan tanaman industri (HTI) dengan memilih jenis tanaman produktif seperti karet unggul untuk ditanam masyarakat, dan diharapkan dengan konsep HTI maka masyarakat lebih menjadi peduli untuk melakukan perawatan dengan bantuan penyediaan pupuk maupun perangkat lain dari Perseroan. Jenis dari tanaman dalam pelaksanaan reklamasi adalah tanaman unggul yang dapat dinikmati hasilnya dalam kurun waktu tidak terlalu lama, antara 5-6 tahun setelah tanam.

C. Sasaran Khalayak
Khalayak yang dituju dalam program CSR Pengelolaan Lingkungan adalah masyarakat sekitar perusahaan PT.TIMAH yang selama ini telah merasakan dampak langsung keberadaan PT.TIMAH seperti kerusakan ekosistem serta polusi yang ditimbulkan dalam proses industri. Hal itulah yang membuat PT.TIMAH melakukan kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon karet unggul yang berkonsep hutan tanaman industri (HTI) yang nantinya akan melibatkan masyarakat dalam upaya perawatan serta pemberian pupuk, dan masyarakat akan dapat merasakan manfaatnya dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama,antara 5-6 tahun setelah tanam.

D. Opini Penulis
Menurut pendapat penulis, kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT.TIMAH telah tepat sasaran serta tepat kegiatan. Mengapa demikian? Karena penghijauan kembali adalah komponen penting yang harus dilakukan setelah penambangan berlangsung. Mengembalikan keadaan alam seperti sedia kala setelah penambangan memanglah bukan hal yang mudah, namun masih mungkin dilakukan.
Penanaman pohon karet unggul yang melibatkan masyarakat dipercaya dapat membangun aspek kekeluargaan antara PT.TIMAH dengan lingkungan sekitar karena disatu sisi, PT.TIMAH telah melakukan tanggung jawab sosialnya terhadap lingkungan dan masyarakat, begitupun masyarakat akan memetik manfaat dari pohon karet yang ditanam oleh PT.TIMAH. Apabila hal ini dilakukan secara berkelanjutan,akan banyak dampak positif yang dapat dipetik. Diantaranya, kerusakan lingkungan akan berkurang seiring banyaknya pohon karet yang ditanam, selain itu hasil getah karet dapat meningkatkan sisi perekonomian warga sekitar.

E. Saran
Penanaman pohon sebaiknya terus menerus dilakukan setelah masa penambangan agar kondisi alam akan sedikit demi sedikit kembali seperti sedia kala,karena seperti diketahui, setelah masa penambangan usai biasanya tanah yang telah ditambang menjadi rusak parah, karenanya dibutuhkan penanganan ekosistem berupa reboisasi yang hendaknya dilakukan secara berkelanjutan.
Dari segi ekonomi, sebaiknya PT.TIMAH memfasilitasi pengolahan getah karet agar perekonomian warga sekitar akan menjadi lebih baik karena omzet mereka bertambah. Jika getah karet yang disadap warga telah berupa hasil jadi,maka nilai jualnya akan lebih besar dibandingkan hanya berbentuk getah karet mentah semata.

Dikutip dari :


dy/>

No comments:

Post a Comment