Welcome to my blog

Welcome to my blog, everybody !
wish you can get what you search .

Sunday, December 18, 2011

Pesan Media Massa

Pesan Media Massa
Media Massa menerima informasi dan berita dari berbagai sumber. Disini berita akan masuk ke Gate Keeper (redaksi) ,untuk menyeleksi pemberitaan yang layak untuk dimuat.


Karakteristik Isi Pesan Media Massa (koran,majalah,radio,tv dan film)
1. Novalti : Sesuatu yang baru . "Sesuatu yang baru" merupakan unsur yang terpenting bagi suatu pesan media massa
2. Jarak : Dekat atau jauh. Jarak terjadinya suatu peristiwa dengan tempat publikasinya peristiwa mempunyai arti penting. Khalayak akan tertarik untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan langsung dengan kehidupan dan lingkungannya.




3. Popularitas : Peliputan tentang tokoh organisasi/ kelompok ,tempat dan waktu yang penting dan terkenal akan menjadi berita besar dan menarik perhatian khalayak.
4. Pertentangan : Konflik. Hal-hal yang mengungkapkan pertentangan,baik dalam bentuk kekerasan atau menyangkut perbedaan pendapat dan nilai biasanya disukai oleh khalayak.
5. Komedi : Humor. Manusia pada dasarnya tertarik pada hal yang lucu dan menyenangkan. Oleh karena itu,bentuk penyampaian pesan yang lucu disukai khalayak.
6. Seks dan keindahan : Salah satu sifat manusia adalah menyenangi unsur seks dan kecantikan atau keindahan sehingga unsur tersebut bersifat universal,dan menarik minat khalayak. Maka,media massa seringkali mengangkat kedua unsur tersebut kedalam tulisannya.
7. Emosi : Hal-hal yang berkaitan menyentuh kebutuhan dasar (basic needs) seringkali menimbulkan emosi dan simpati khalayak.
8. Nostalgia : Menunjukkan pada hal yang mengungkapkan pengalaman di masa lalu.
9. Human Interest : Setiap orang pada dasarnya ingin mengetahui segala peristiwa yang menyangkut kehidupan orang lain. Hal ini sering diangkat media massa melalui tulisan biografi,bibliografi,berita,feature dan acara deskriptif lainnya..dy/>

1 comment: